Piano, Keyboard, Organ

Seringkali orang masih bingung membedakan alat musik piano, keyboard dan organ. Kami akan memberikan penjelasan secara singkat.

Secara mendasar, tidak ada perbedaan yang berarti antara piano, keyboard dan organ. Alat musik ini prinsipnya memainkan melodi dan iringan secara bersamaan, sehingga dapat menghasilkan musik yang utuh dari seorang pemain saja. Persepsi masyarakat mengenai alat musik piano adalah musik klasik atau jazz, musik yang berkelas, orang yang bisa memainkannya terkesan hebat dan pintar, sedangkan alat musik keyboard elektronik terkesan mudah, sederhana dan tidak berkelas. Padahal kenyataannya tidak demikian. Teori dan teknik memainkannya sama, hanya pada alat musik organ, pemain juga dapat menambahkan permainan bass pada kaki.

Alat musik piano memiliki tuts yang lebih banyak dibandingkan keyboard elektronik standar. Hal ini memang disebabkan karena alat musik piano diciptakan pada mulanya untuk permainan solo sehingga harus menjangkau nada mulai dari sangat rendah sampai sangat tinggi, supaya semakin kaya variasi. Sedangkan keyboard elektronik sudah dilengkapi dengan fasilitas suara alat musik yang beragam sehingga tidak terlalu membutuhkan tuts yang banyak.

Alat musik keyboard memang diciptakan untuk meniru suara piano, namun harganya bisa lebih murah. Kebanyakan masyarakat juga bisa menjangkau harga keyboard elektronik ini. Dari sisi pendidikan musik, tidak menjadi masalah menggunakan alat musik keyboard, yang terpenting adalah pemahaman musiknya. Selain itu juga keyboard elektronik sudah dilengkapi dengan fitur metronom maupun irama pengiring (rhythm (style)) untuk membantu pemain pemula untuk memainkan musik dengan tempo yang tepat, jadi tidak perlu lagi membeli metronom secara terpisah.

Banyak orang beranggapan jika bisa memainkan piano, maka bisa memainkan keyboard maupun organ, jadi lebih baik sekalian belajar piano. Anggapan ini tidak benar. Belajar musik pada dasarnya sama saja, mau mulai dari alat musik apapun sama saja. Jangan terjebak pada pernyataan bahwa belajar piano yang paling hebat dan berkelas, yang penting adalah pemahaman musiknya.

Perlu waktu, ketekunan dan tahapan untuk bisa mempelajari dan memahami dalam bermusik. Belajar musik tidak akan bisa kalau hanya dengan iseng atau coba-coba, apalagi instan, juga tidak cukup hanya dengan sekedar bisa main. Sebab jika cuma sampai tahap ini, maka yang terjadi adalah orang-orang yang sudah merasa puas dan hebat jika bisa memainkan komposisi tertentu yang dianggap sulit oleh umum. Namun sebenarnya dia belum memahami intisari dari musik itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *