Memaknai Hari Pahlawan

10 November seringkali dijadikan oleh masyarakat Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para pejuang. Karena pada tanggal inilah para pejuang Indonesia mengorbankan segala harta dan jiwanya demi mengusir penjajah di bumi pertiwi Indonesia. Untuk menghormati perjuangan para pahlawan Negara tersebutlah tanggal 10 november diperingati sebagai “Hari Pahlawan”.

Merupakan hal yang lumrah jika kita sebagai warga Negara yang mencintai tanah airnya turut menghormati dengan cara menjaga dan mengenang segala hasil dari perjuangan mereka. Tapi, menjaga dan mengenang saja tentu tidaklah cukup bagi kita yang hidup pada masa yang serba merdeka.

Wujud kesetiaan kita pada Negara harus diwujudkan dalam bentuk yang lebih daripada para pejuang dulu lakukan. Jika saat ini sudah tidak mungkin lagi mengangkat senjata ataupun bambu runcing untuk mengusir penjajah, namun bukan berarti berdiam diri dan menikmati hasil perjuangan para pahlawan dijadikan alasan untuk tidak berjuang dan berkarya.

Hari pahlawan sejatinya adalah hari dimana masyarakat Indonesia mengenang orang-orang yang berjuang membela Negara dengan segenap nyawa sebagai taruhan demi terciptanya Negara yang aman dari segala bentuk penjajahan dan perampasan hak. Untuk itulah perlu kiranya kita memaknai kembali hakekat dari hari pahlawan ini.

Hakekat dari hari pahlawan yaitu “perjuangan”, perjuangan inilah yang seharusnya menjadi kata kunci bagi masyarakat Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan kita. Berjuang tidak melulu identik dengan peperangan atau mengangkat senjata, berjuang demi kebaikan dan ikut mejaga agar lingkungan dan Negara tetap aman, hindari tawuran atar masyarakat dan pelajar, mengedepankan kepentingan bersama. Para orang tua berjuang demi untuk menghidupi keluarganya, menanggung biaya sekolah anaknya sampai pada memperjuangkan kesejahteraan anak-anaknya.

Sama halnya dengan kalangan masyarakat, para pejabat Negara pun sudah sewajibnya berjuang untuk melakukan segala apa yang menjadi kewajiban mereka. Para pejabat tidak hanya wajib memenuhi kesejahteraan keluarganya, akan tetapi kesejahteraan rakyatnya juga harus diperjuangkan dengan segala kemampuan mereka.

Untuk melanjutkan perjuangan tersebut, sebagai warga Negara yang cinta bangsa dan Negara, baik pejabat atau rakyat sudah saatnya kita mengarahkan seluruh aktifitas kita untuk lebih menghasilkan suatu nilai yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri, orang lain, dan Negara. Hari pahlawan bukan hanya sekedar untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Lebih dari itu, sebagai warga Indonesia kita harus “melanjutkan, mengembangkan, berkarya, memerdekakan apa yang belum merdeka” demi terciptanya masyarakat yang terus berkembang dan maju.

Mari Lanjutkan Perjuangan Pendahulu Kita!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *